Home » » Teknologi Hasil Perairan (THP)

Teknologi Hasil Perairan (THP)

Teknologi Hasil Perairan (THP) adalah salah satu depertemen di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dimana berperan penting dalam kegiatan pasca panen dan penangkapan seperti penangan dan pengolahan dengan tetap mempertahankan mutu dan kualitasnya. Mungkin yang pertama kali terlintas di benak orang-orang tentang THP adalah ikan asin, ikan pindang, dan terasi, padahal THP memiliki cakupan yang sangat luas. tidak hanya bergerak dibidang pangan seperti pembuatan bakso ikan, nugget, atau kaki naga, juga memiliki peluang yang sangat lebar untuk terjun ke dunia farmasi. mengapa demikikan?? Biota-biota hasil perairan memiliki berpotensi besar sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan karena terbukti biota perairan tersebut mengandung berbagai zat penting dan bermanfaat. Oleh karena itu, karena yang mengetahui tentang manfaat biota perairan dengan baik adalah THP maka THP-lah yang berpeluang besar untuk terjun pertama kali dalam pengolahan biota-biota tersebut menjadi obat yang bermanfaat.
Sebagai mahasiswa THP. saya patut berbangga karena semakin maraknya isu-isu tentang pemakaian formalin sebagai pengawet makan THP justru mampu menciptakan pengawet makanan yang aman bagi tubuh berbahan dasar kitin dan kitosan dari hewan-hewan mollusca. selain itu, ada juga salah satu temuan fenomenal yaitu lipstik dengan pewarna alami yang diambil dari biota perairan. Jadi, masyarakat awam harus mulai memperluas pola pikir mereka karena THP bukanlah jurusan tata boga dan lulusan THP juga bukan sarjana “ikan asin”.
Ada sebuah joke yang mengganti kepanjangan THP menjadi “Teknologi Hasil Perempuan”. Mengapa dikatakan demikian?? Kerena dalam satu angkatan memang jumlah mahasiswi lebih banyak dari mahasiswa. Diangkatan 47 sendiri perbandingan antara mahasiswa dan mahasiswa adalah 1:4 (udah kaya perbandingan ikan nila aja kalau mau mijah)
Well, selain Teknologi Hasil Perempuan, ada kepanjangan lain yang nggak kalah kocak, yaitu “Tiap Hari Praktikum”. Lagi-lagi muncul pertanyaan, kenapa demikian?? Soalnya, seluruh mata kuliah mayor tidak ada yang tidak praktikum dan tiap hari harus masuk lab. Jadi, skema hidup mahasiswa THP adalah kosan—-> ruang kelas—> lab—> kantin—> wc—-> kosan. Gitu aja terus sampe beres.
Sebenarnya, kalau dipikir-pikir justru itu semua yang bikin kami anak-anak THP jadi deket dan kompak. Soalnya, kita berada di posisi yang sama-sama nggak ngenakin dan kita harus salaing mendukung untuk bisa “keluar” dari THP dengan keadaan “selamat
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

About

Information

Blogger news

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Film Sahabat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger